Minggu, 22 Desember 2013

Topan Super Haiyan Menghantam Filipina Tengah


14 NOVEMBER 2013 | FILIPINA

 


MANILA, Filipina—Topan Super Haiyan (yang disebut Yolanda di Filipina), salah satu badai terkuat yang pernah mencapai daratan, meluluhlantakkan Filipina pada 8 November 2013.
Pada 13 November 2013, kantor cabang Saksi-Saksi Yehuwa Filipina di Manila melaporkan bahwa 27 Saksi Yehuwa dipastikan tewas. Lebih dari 100 rumah Saksi dan lima tempat ibadat hancur.
Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa mengorganisasi respons internasional atas bencana ini dari kantor pusat sedunia mereka di Brooklyn, New York. Sebagai bagian dari pengaturan ini, kantor cabang Filipina telah mengorganisasi pengiriman makanan, air, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya ke daerah yang terkena bencana. Pada Minggu, 10 November, bantuan kemanusiaan telah dikirimkan dengan kira-kira sepuluh minibus. Besoknya, beberapa truk tambahan dikirimkan juga.
Negeri itu belum sempat pulih dari gempa berkekuatan 7,2 skala Richter yang terjadi pada 15 Oktober 2013, yang menewaskan 218 orang. Menurut laporan, gempa yang besar itu menewaskan tiga Saksi Yehuwa, satu terkena longsor dan dua lainnya karena rumahnya roboh. Gempa itu terjadi tidak lama setelah Topan Nari menghantam Filipina pada 12 Oktober 2013, yang menewaskan sedikitnya 13 orang.

Untuk membiayai bantuan kemanusiaan ini, Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa menggunakan dana yang disumbangkan untuk pekerjaan sedunia mereka. Badan Pimpinan juga mengevaluasi berapa banyak sukarelawan terampil yang dibutuhkan. Mereka bekerja sama dengan kantor-kantor cabang di seluruh dunia untuk menyediakan tenaga ahli yang bisa membantu memberikan bantuan kemanusiaan bersama kalangan berwenang setempat dan organisasi lain yang memberikan bantuan serupa.
Dean Jacek, juru bicara Saksi-Saksi Yehuwa di Filipina menyatakan, ”Kami semua sangat berduka atas banyaknya korban jiwa akibat malapetaka baru-baru ini. Mengingat kerusakan yang diakibatkannya maupun trauma yang dialami para korbannya, banyak yang membutuhkan penghiburan. Kami akan terus berupaya sebisa mungkin untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan bantuan rohani bagi teman-teman dan tetangga kami.”
Kontak Media:
Internasional: J.R. Brown, Kantor Informasi Publik, tel. +1 718 560 5000
Filipina: Dean Jacek, tel. +63 2 411 6090
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar